Doa Sebelum Dan Sesudah Bangun Tidur

Doa Sebelum Dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap

Posted on

Membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur merupakan kerutinan kita tiap hari. Kita semua menekuni doa sebelum dan sesudah bangun tidur dikala kita duduk di bangku SD. Kita diwajibkan membaca doa tersebut supaya kala tidur kita bebas dari marabahaya, kendala jin, godaan syaiton dan kendala fauna yang mengecam keselamatan kita. Apa kamu kerap membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur?

Kita amat diajarkan sekali buat membaca doa tidur ini yang terdiri dari doa saat sebelum tidur serta doa bangun tidur. Bila kalian belum hafal jangan takut, sebab postingan ini hendak mengulasnya lengkap dengan latin dan hadist.

Doa Sebelum Dan Sesudah Bangun Tidur Lengkap

Sebelum masuk ke ulasan doa sebelum dan sesudah bangun tidur, ayo kita bernyanyi sejenak buat menegaskan pada masa kecil yang begitu mengasyikkan. “Berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki dan tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita”. Nyatanya kalian telah hafal kan dengan lagu anak islami ini?

Pastinya kita seluruh telah hafal betul dengan teks doa saat sebelum tidur. Sebab doa tidur ini merupakan salah satu doa tiap hari yang amat terkenal serta nyatanya orang tua juga telah mengarahkan doa ini kepada anak- anaknya semenjak masih bayi.

Walaupun kita telah mengenali serta hafal, enggak ada salahnya kita silih berbagi teks lafadz doa sebelum dan sesudah bangun tidur lengkap dalam bahasa arab dan latin serta bisa jadi pula terdapat sebagian sahabat kita yang belum hafal serta mau mempelajarinya. Berikut lafadz doa sebelum dan sesudah bangun tidur lengkap.

Doa Saat Sebelum Tidur Lengkap

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

BISMIKAL LOOHUMMA AHYAA WA AMUUTU

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.”

Dengan membaca doa diatas kala hendak tidur, mudah- mudahan Allah SWT senantiasa melindungi serta melindungi tidur kita sampai fajar datang.

Sehabis doa saat sebelum tidur kita diajarkan pula membaca Ayat Kursi, Surah Al-Ikhlash, Surah Al-Falaq, Surah An-Naas dan Surah Al-Fatihah. Tidur enggak jauh beda dengan kematian, cuma aja tidur, dapat dibilang mati untuk beberapa saat. Sedangkan Mati yakni tidur buat selamanya. Firman Allah s. w. t.:

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَى أَجَلٌ مُسَمًّى ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya:

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.” (Q.S Al-An’am : 60)”.

Doa Sesudah Bangun Tidur Lengkap

Saat sebelum tidur yang dimulai dengan membaca doa saat sebelum tidur. Sehabis berakhir tidur juga kita kembali diajarkan buat kembali membaca doa bangun tidur.

Tujuan dari membaca doa bangun tidur ini merupakan bagaikan wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT yang Maha Pemberi Seluruh sudah menghidupkan kita kembali dari kematian yang sebagian dikala.

Berikut ini lafal doa bangun tidur yang mampu dibacakan lengkap dengan latin serta maksudnya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

(AL) HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA’ DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR(U)

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.”

Hadist Doa Saat Sebelum Tidur

Tidur menggambarkan perihal yang senantiasa kita jalani serta menggambarkan dikala tersadu buat memulihkan tenaga sepanjang seharian penuh beraktifitas, ada pula hadist doa saat sebelum tidur adalah sebagai berikut.

Dari Hudzaifah, dia berkata,

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” Hadist Riwayat : Bukhari no. 6324.

Seperti itu doa tidur yang terdiri dari doa saat sebelum tidur serta doa bangun tidur yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW pada dikala dia bakal tidur serta bangun tidur. Kita selaku umat muslim yang taat melaksanakan sunnahnya hendaknya juga mencontoh apa yang sudah dicoba oleh Nabi Muhammad.

Mudah- mudahan dengan doa sebelum dan sesudah bangun tidur, Allah tetap melindungi kita kala lagi tertidur lelap sampai bangun tidur, melindungi kita dari godaan syaiton yang terkutuk serta marabahaya yang mengintai. Biasakanlah diri kita membaca doa sebelum tidur dan doa bangun tidur.