Doa Nisfu Syaban

Doa Nisfu Syaban Lengkap

Posted on

Sebelum bulan Ramadhan tiba, biasanya dari kita melakukan doa bersama di masjid, yaitu doa nisfu syaban. Kegiatan ini begitu istimewa, sebab saat melakukan nisfu syaban kita biasanya membaca surat Yasin 3 kali, di sela doa tersebut kita juga harus membaca doa nisfu syaban seperti yang dikatakan oleh Sayyid Utsman bin Yahya. Mungkin yang sudah biasa mengikuti nisfu syaban tahu doanya seperti apa, dan ada juga yang sudah lupa. Nah, bila kalian ingin tahu bacaan doa nisfu syaban, artikel ini akan membahasnya secara lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Malam nisfu syaban yang biasa dilakukan tepat pada tanggal 15 bulan Syaban, Rasulullah SWA menganjurkan kita untuk memperbanyak ibadah sunah dan juga memperbanyak  ibadah lainnya pada malam nisfu syaban. Sebab, pada bulan ini Allah SWT akan membuka pintu rahmat dan ampunan yang menjadikan kesempatan kita untuk memperbanyak pahala dan berharap diampuni segala dosa kita. Begitu istimewanya pada bulan syaban ini, jadi jangan pernah menyiakan-nyiakan kesempatan ini ya. Jadikanlah bulan Syaban untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Doa Nisfu Syaban Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Menyinggung pembahasan kali mengenai doa nisfu syaban, kita akan membahas sedikit keistimewaan-keistimewaan apa saja yang ada pada bulan Syaban. So, baca artikel ini dengan seksama.

Selain membuka pintu rahmat dan ampunan, ada beberapa keistimewaan yang terjadi pada bulan Syaban, yaitu:

  • Allah SWT akan mengampuni dosa hamba-Nya yang sungguh-sungguh meminta ampunan pada bulan Syaban.
  • Allah SWT akan mengasihi hamba-Nya yang meminta kasih kepada-Nya.
  • Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya pada bulan Syaban.
  • Allah SWT akan membebaskan beberapa golongan dari kita dari panasnya api neraka.
  • Allah SWT memudahkan kesulitan hamba-Nya.

Dengan adanya beberapa keistimewaan seperti diatas, apakah kita akan menyia-nyiakan nya?

Begitu tidak beruntungnya bagi mereka yang hanya bermalas-malasan, melalaikan, atau tidak melakukan ibadah apapun pada bulan Syaban. Jadi, mulai sekarang berhentilah untuk malas beribadah dan hanya fokus pada urusan duniawi saja, karena itu hanya bersifat sementara yang tidak bisa kita bawa kelak di akhirat nanti.

Langsung saja ke pembahasan inti, berikut adalah bacaan doa nisfu syaban yang bisa kalian pelajari lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Baca Juga: Doa Setelah Adzan dan Iqomah Lengkap

Doa Nisfu Syaban

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ.

“Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn.”

Artinya:

“Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.”

Doa nisfu syaban ini berdasarkan dalam kitab Maslakul Akyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya, (Lihat Sayid Utsman, Maslakul Akhyar, [Jakarta, Al-Aidrus: tanpa catatan tahun], halaman 78-80). Dhamir mufrad pada doa ini dapat diganti menjadi dhamir jamak bila dibaca berjamaah. Wallahu a‘lam.

Baca Juga: Doa Menuju Masjid Lengkap

Amalan-Amalan Pada Malam Nisfu Syaban

Ada pula 3 amalan yang bisa kalian lakukan saat malam Syaban tiba, berikut adalah 3 amalan yang harus dilakukan, jangan sampai dilewati.

  • Perbanyak Membaca Doa

Menurut riwayat hadis Abu Bakar, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” (HR Al-Baihaqi).”

  • Perbanyak Membaca 2 Kalimat Syahadat

Memperbanyak membaca 2 kalimat syahadat sangatlah bagus, kalimat bisa kita baca dimanapun dan kapanpun, khususnya pada malam Syaban.

Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan:

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة “لا إله إلا الله محمد رسول الله”.

Artinya:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

  • Perbanyak Istighfar

Telah dibahas sebelumnya, bahwasanya Allah SWT akan mengampuni dosa hamba-Nya yang sungguh-sungguh meminta ampunan kepada-Nya. Nah, saat malam nisfu syaban tiba ini akan menjadi kesempatan kita untuk memperbanyak istighfar, agar dosa-dosa kita selama hidup diampuni oleh Allah SWT.

Baca Juga: Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap

Nah, itulah doa nisfu syaban, keistimewaan, dan amalan-amalan yang bisa kalian lakukan pada bulan Syaban. Saya harap ini bisa jadi kesempatan bagi kita untuk selalu mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Dan jangan lupa hafalkan doa malam nisfu syaban yang tertera di atas, terimakasih.