Doa Mandi Besar atau Junub

Doa Mandi Besar atau Junub dan Tata Cara Lengkap

Posted on

Ketika ingin melaksanakan shalat, entah itu shalat wajib atau sunah kita diharuskan dalam keadaan suci. Dimana kita terbebas dari hadast kecil atau besar yang akan menyebabkan shalat kita tidak sah. Hadast kecil bisa kita bersihkan dengan cara berwudhu, sedangkan hadast besar hanya bisa dibersihkan dengan cara mandi besar. Saat ingin mandi besar kalian harus membacakan doa mandi besar. Dan juga selain membaca doa mandi besar, ada tata cara yang harus kalian ikuti. Jadi, bila kalian belum tahu tata cara dan doa mandi besar, artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Kita diwajibkan untuk mandi Junub saat kita sudah baligh atau seseorang yang telah mencapai kedewasaan, baik pria atau pun wanita. Saat itu, masing-masing dari kita sudah tahu bahwa pria yang telah bermimpi basah atau wanita yang telah keluar haid wajib melakukan mandi Junub. Sebenarnya, tata cara dan doa mandi Junub tidaklah susah, karena telah diajarkan saat duduk di bangku sekolah dasar atau agama. Jadi, apakah kalian masih ingat dengan tata cara dan doa mandi Junub?

Doa Mandi Besar atau Junub dan Tata Cara Lengkap

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum mempelajari doa mandi besar, berikut adalah ciri-ciri yang mewajibkan kita untuk mandi besar atau Junub, yaitu:

  • Keluarnya air mani pada kemaluan pria
  • Berhubungan badan, walaupun tidak keluarnya air mani
  • Berhentinya haid atau nifas untuk wanita
  • Orang kafir masuk islam (Mualaf)
  • Meninggalnya seseorang

Bila kita dalam keadaan tersebut, segeralah melakukan mandi besar atau Junub agar kita terbebas dari hadast kecil atau besar. Tujuan dari mandi besar atau Junub adalah untuk membersihkan diri dari hadast kecil atau besar, sebab kalau belum melaksanakan mandi tersebut akan disebut najis dan shalat kita pun tidak akan sah.

Lalu, bagaimana dengan doanya?

Baiklah, berikut adalah doa mandi besar atau Junub untuk pria atau wanita lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya. Bacalah dengan seksama agar kalian hafal dengan doanya.

Doa Mandi Besar atau Junub

َوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta’aala.”

Artinya:

“Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.”

Baca Juga: Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi (WC) Lengkap

Doa Mandi Besar atau Junub Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Haidil Lillahi Ta’ala.”

Artinya:

“Aku niat mandi wajib untuk mensucikann hadast besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

Doa mandi junub di atas khusus untuk wanita bila ingin mandi besar atau junub setelah keluarnya cairan merah atau mirip darah secara berkala.

Doa Mandi Besar atau Junub Setelah Nifas

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Liraf il Hadatsil Nifasi Lillahi Ta’ala.”

Artinya:

“Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar dari nifas karena Allah ta’ala.”

Doa mandi junub di atas khusus untuk wanita bila ingin mandi besar atau junub setelah keluarnya darah dari rahim seorang ibu karena melahirkan atau setelah melahirkan.

Setelah kalian mempelajari doa mandi junub, kalian juga harus mempelajari tata cara mandi besar atau junub. Berikut adalah pembahasan nya dibawah ini.

Baca Juga: Doa Istinja (Setelah Buang Air Besar dan Kecil) Lengkap

Tata Cara Mandi Besar atau Junub

Saat mandi besar atau Junub ada beberapa tata cara mandi yang harus kita lakukan agar mandi tersebut benar-benar sempurna. Berikut adalah tahapan nya:

  1. Diawali dengan membaca doa mandi besar (niat).
  2. Membersihkan kedua telapak tangan, lalu mencebok kemaluan kita hingga benar-benar bersih dengan menggunakan tangan kiri.
  3. Mencuci tangan kita, bisa menggunakan sabun.
  4. Niat wudhu, disini kita melakukan wudhu seperti biasa (kecuali bagian kaki).
  5. Mengguyur kepala sebanyak 3 kali, hingga ke pangkal rambut.
  6. Membersihkan kepala bagian kanan, lalu bagian kiri.
  7. Menyilang-nyilang rambut dengan jari-jari.
  8. Mengguyur seluruh badan sebanyak 3 kali dimulai bagian kanan, lalu bagian kiri.
  9. Membersihkan area badan yang sulit dijangkau, dan
  10. Basuh bagian kaki yang belum dilakukan saat berwudhu sebelumnya.

Kita harus mengikuti tahapan-tahapan nya dengan benar sehingga mandi yang kita lakukan benar-benar sempurna. Perlu diingat bahwa air yang kita gunakan bersih, kalian bisa menggunakan air yang mengalir atau di penampungan air.

Baca Juga: Doa Malam Pertama Pengantin Baru Lengkap

Nah, seperti itulah bacaan doa mandi besar atau Junub dan tata cara mandi nya. Bila kalian masih bingung, cobalah melakukan simulasi mandi wajib di rumah, lakukanlah secara perlahan sampai kalian benar-benar hafal dengan tata caranya. Mungkin hanya ini saja pembahasan pada artikel ini, terimakasih.