Doa Bepergian (Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara)

Doa Bepergian (Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara)

Posted on

Bila ada yang mau melakukan perjalanan dekat atau jauh hendaknya membaca doa bepergian terlebih dulu. Guna memudahkan perjalanan serta supaya Allah SWT melindungi kamu disaat bepergian. Enggak cuma membaca doa bepergian saja, membaca doa saat menaiki kendaraan sangat penting, seperti doa naik kendaraan darat saat bepergian memakai (motor, mobil, dan sebagainya), doa naik kendaraan laut saat bepergian memakai (kapal), serta doa naik kendaraan udara saat bepergian memakai (pesawat). Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bencana dapat tiba kapan saja, maka dari itu membaca doa bepergian amat berarti dilakukan agar Allah SWT senantiasa melindungi diri kita.

Tidak hanya membaca doa naik kendaraan atau bepergian, kalian juga bisa membaca doa ayat Kursi, pasti sudah hafal dong ya. Ya, ayat suci Al-Qur’an yang terdapat didalam surat Al- Baqarah ayat 225, di dalam ayat ini menjelaskan tentang keagungan Allah SWT, Tuhan semesta alam serta kekuasaan Allah SWT atas segala sesuatu. Jadi, bila kalian hendak pergi ke tempat yang jauh bacalah ayat Kursi dan juga doa yang akan kita bahas pada artikel ini.

Doa Bepergian (Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara)

Agama islam adalah agama yang sempurna dimana segala sesuatu yang akan kita lakukan pasti ada doa yang harus kita baca. Sama halnya dengan bepergian dimana kita harus membaca doa bepergian, baik itu pergi menggunakan kendaraan darat, laut, atau udara. Bacaan doa ini sudah kita pelajari sejak anak-anak, ada yang masih ingat? pasti ada yang ingat dan tidak ya.

Biasanya saat kita diajarkan oleh guru tentang membaca doa bepergian atau lainnya, kita disuruh mempraktikannya dirumah, agar itu menjadi kebiasaan kita setiap hari. Sehingga kita tidak akan pernah lupa dengan lafadz doanya dan juga tidak akan pernah lupa dengan Allah SWT yang akan melindungi kita dari marabahaya.

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwasanya tidak hanya membaca doa bepergian, kita pula wajib membaca doa naik kendaraan darat saat bepergian memakai (motor, mobil, dan sebagainya), doa naik kendaraan laut saat bepergian memakai (kapal), serta doa naik kendaraan udara saat bepergian memakai (pesawat). Langsung aja berikut doa- doanya.

Doa Bepergian Latin, Arab serta Artinya

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

“Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli”.

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Baca Juga: Doa Berpakaian dan Melepas Pakaian Lengkap

Doa Bepergian Ketika Sampai di Tempat Tujuan

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

“Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa”.

Artinya:

“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya”.

Sehabis menghafal doa bepergian, lanjut dengan doa naik kendaraan darat, doa naik kendaraan laut, serta doa naik kendaraan udara. Berikut doa- doanya.

Doa Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

“SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA”.

Artinya :

“Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”.

Ada banyak kendaraan darat yang bisa kalian gunakan, seperti mobil, motor, sepeda dan lainnya. Bila kalian hendak pergi ke tempat jauh atau dekat pastikan membaca doa naik kendaraan darat yang diatas ya.

Baca Juga: Doa Ketika Bercermin Beserta Arti dan Latinnya

Doa Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

“BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM”.

Artinya :

“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih”.

Ada banyak kendaraan laut yang bisa kalian gunakan, seperti kapal, perahu, dan lainnya. Bila kalian hendak pergi ke tempat jauh atau dekat pastikan membaca doa naik kendaraan laut yang diatas ya.

Doa Naik Kendaraan Udara

Sepanjang ini kami belum mengetahui persis teks doa naik kendaraan udara. Dari data yang kami kumpulkan (Searching Google) banyak sekali website/ web yang menyajikan lafadz doa naik pesawat terbang (kendaraan udara) bacaannya sama semacam doa naik kendaraan laut.

Baca Juga: Doa Menyambut Datangnya Pagi Lengkap

Seperti itulah doa bepergian baik jauh atau dekat dan doa saat sampai di tempat tujuan. Doa tersebut alangkah baiknya dihafalkan serta diamalkan dengan membacanya saat bepergian serta sampai di tempat tujuan. Supaya Allah SWT melindungi kita kala bepergian, melindungi keluarga yang lagi kita tinggal, serta dilindungi dari bahaya serta kejahatan dari tempat tersebut. Serta jangan lupa pada saat naik kendaraan membaca doa naik kendaraan, mudah- mudahan doa diatas dapat berguna.