Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir Yang Betul Lengkap

Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir Yang Betul Lengkap

Posted on

Ada 5 shalat wajib yang Rasulullah SAW perintahkan kepada kita, yaitu Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Dari semua posisi shalat, ada yang menarik untuk pembahasan kali ini, yaitu posisi tahiyat awal dan akhir. Bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang betul telah kita pelajari semasa duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan saat kelas 6, guru menyuruh kita untuk menghafal bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang betul untuk mengikuti ujian praktik. Nah, untuk adik-adik yang masih belum hafal, artikel ini akan membahas bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang betul lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Doa tahiyat awal dibaca ketika kita sedang dalam keadaan tahiyat awal, dimana kita telah menginjak rakaat ke 2 yang diakhiri oleh tahiyat awal (kecuali shalat shubuh dan shalat sunnah 2 rakaat lainnya). Sedangkan, doa tahiyat akhir dibaca ketika kita sedang dalam keadaan tahiyat akhir sebelum salam, dimana kita menginjak rakaat terakhir dalam shalat. Ada pula perbedaan dari ke 2 tersebut hanya panjang doanya saja, doa tahiyat awal yang akan kita baca setengah dari doa tahiyat akhir. Jadi, bila kalian mempelajari doa tahiyat akhir maka kalian otomatis sudah tahu doa tahiyat awal.

Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir Yang Betul Lengkap

Bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang betul adalah salah satu bagian dari bacaan shalat yang harus dipelajari oleh kita apabila kita ingin shalat yang kita laksanakan benar-benar sempurna. Dengan ini, mulai lah mempelajari nya secara perlahan dan istiqomah, sehingga saat kalian sedang melaksanakan shalat wajib atau sunnah tidak lupa dengan bacaan doanya.

Telah kita bahas sebelumnya bahwasanya posisi tahiyat awal hanya terjadi pada shalat yang lebih dari 2 rakaat, contohnya pada shalat wajib yaitu dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Tak hanya itu, perbedaan dari kedua posisi tersebut harus kita pahami, dimana posisi duduk tahiyat awal disebut duduk iftirosy, sedangkan posisi duduk tahiyat akhir disebut duduk tawarruk.

Sudah paham sampai sini?

Baiklah, bila kalian masih bingung dengan posisi duduknya, berikut adalah penjelasan nya dan diikuti oleh bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang betul lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Baca Juga: Doa Menuju Masjid Lengkap

Tahiyat Awal (Bacaan Tahiyat Awal Yang Betul)

Posisi duduk tahiyat awal disebut dengan duduk iftirosy, dimana posisinya menegakkan kaki kanan, bertumpu pada jari kaki, dan membentangkan kaki kiri untuk dijadikan tumpuan untuk duduk, posisi duduk tersebut sama seperti duduk diantara dua sujud. Lalu, ada juga bacaan doa duduk tahiyat awal yang harus kalian baca, yaitu:

Bacaan Tahiyat Awal

“AT’TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU’ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU’ALAINA WA’ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.”

Artinya:

Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya allah. Keselamatan atas engkau wahai nabi Muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba allah yang shaleh – shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan allah. Dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan allah. Ya allah! Limpahilah rahmatmu kepada nabi Muhammad.

Baca Juga: Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Lengkap

Tahiyat Akhir (Bacaan Tahiyat Akhir Yang Betul)

Berikut adalah bacaan tahiyat akhir yang betul lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya:

Bacaan Tahiyat Akhir Yang Betul

AT’TAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWAATUTH THOYYIBAATULILLAAH. AS-SALAAMU’ALAIKA AYYUHANNABIYYU WA RAHMATULLAAHI WABARAKAATUH, ASSALAAMU’ALAINA WA’ALAA IBAADILLAAHISHAALIHIIN. ASYHADUALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH. ALLAAHUMMA SHALLI’ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.

WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. KAMAA SHALLAITA ALAA SAYYIDINA IBROOHIIM WA ALAA AALI SAYYIDINA IBROOHIIM. WABAARIK’ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMAA BAARAKTA ALAA SAYYIDINA IBROOHIIM WA ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAAHIIM FIL’AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.

Artinya:

Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas engkau wahai nabi Muhammad, demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahilah rahmatmu kepada nabi Muhammad.

Ya Allah! Limpahilah rahmat atas keluarga nabi Muhammad.
Sebagai mana telah engkau beri rahmat kepada nabi Ibrohim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana engkau telah memberi berkah kepada nabi Ibrohim dan keluarganya. Bahwasanya engkau tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.

Baca Juga: Doa Setelah Adzan dan Iqomah Lengkap

Nah, itulah bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir yang betul lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya. Dan jangan lupa untuk memperhatikan masing-masing posisi duduknya, agar shalat yang kalian laksanakan benar-benar sempurna. Mungkin hanya ini saja pembahasan pada artikel ini, terimakasih.